Anugerah Gelar Doktor Honoris Causa Sri Sultan HB X

(Yogyakarta, 09/2019) Sri Sultan HB X yang sekaligus Gubernur DIY pada Kamis (5/9/2019), kembali menerima anugerah gelar Doktor Honoris Causa (DR Hc). Gelar kehormatan ini diberikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam bidang Manajemen Pendidikan Karakter.

Dalam penganugerahan Gelar Dr Hc, Sri Sultan HB X menilai bahwa, bagaimana sulitnya Pemerintah dalam mencari konsep Pendidikan Karakter sebagai kurikulum di sekolah yang pas. Pemerintah sudah melakukan upaya dengan menempuh berbagai cara, yaitu dengan pendidikan budi pekerti, pendidikan karakter, atau bahkan melalui pendidikan agama, yang sebelumnya didukung dengan rekomendasi dari hasil serangkaian Forum Nasional, namun Sultan menilai bahwa tidak juga kunjung mampu menjalankan fungsi Pendidikan Nasional secara optimal.  Disampaikan dalam orasi ilmiahnya, Sultan menyampaikan bahwa, pendidikan karakter perlu adanya formulasi ulang yang selanjutnya diopersionalkan kembali.

Sultan juga menyampaikan bahwa implementasi pendidikan karakter tidak bisa berjalan optimal setidaknya disebabkan oleh dua hal, yaitu: kurang terampilnya para guru menyelipkan Pendidikan Karakter dalam proses pembelajaran. Selain itu, bahwa sekolah terlalu fokus mengejar target akademik, agar peserta didik dapat lulus Ujian Nasional. Implikasinya, kurang diajarkan aspek kecakapan hidup yang non-akademik. Sehingga soft-skills sebagai unsur utama Pendidikan Karakter justru terabaikan.

Formulasi dan operasionalisasi pendidikan karakter diantaranya dapat dilakukan melalui transformasi budaya dan kehidupan satuan pendidikan. Beliau menambahkan bahwa, pendidikan itu secara keseluruhan hendaknya selalu dimaknai sebagai proses pembudayaan.

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .