Diskominfo DIY Melaksanakan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak

(Yogyakarta, 29/4/2019), Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) di Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut, Diskominfo DIY melaksanakan simulasi evakuasi bencana secara serentak sesuai dengan potensi, bahaya serta kerentanan yang paling tinggi yang diawali dengan aktivasi sistem peringatan dini (Early Warning Systems). Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor: 360/4392 tanggal 10 April 2019 perihal pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di DIY.
 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pejabat struktural, seluruh staf dan pegawai non-ASN di lingkungan Dinas Komunikasi dan informatika DIY. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum'at 26 April 2019. Adapun teknis pelaksanaan simulasi evakuasi bencana  serentak adalah sebagai berikut:
1. Mulai pukul 07.30 WIB, seluruh pegawai menjalankan aktifitas seperti biasa;
2. Tepat pukul 09.00 WIB, alarm sebagai tanda peringatan bencana dibunyikan;
3. Seluruh pegawai bergerak sesai jalur evakuasi yang ada menuju titik kumpul di halaman kantor;
4. Pengarahan singkat dari Sekretaris Dinas Kominfo DIY.

Setelah pelaksanaan kegiatan simulasi evakuasi bencana, Sekretaris Dinas memberikan arahan yang berisi evaluasi terhadap kesiapsiagaan sarana dan prasarana penyelamatan diri yang dimiliki. Disampaikan dalam evaluasi, bahwa Dinas Kominfo DIY telah memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk kesiapsiagaan bencana, antara lain dengan telah memiliki alarm peringatan tanda bahaya dan penunjuk jalur evakuasi menuju titik kumpul. Namun demikian perlu diimbangi lagi dengan kesadaran dan tanggap bencana bagi seluruh personil yang ada.

 

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .