Diskominfo DIY terbaik ke-1 dalam Keterbukaan Informasi Badan Publik DIY

YOGYAKARTA (25/10/2017) Dalam kegiatan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi badan publik di DIY tahun 2017, Dinas Komunikasi dan Informatika DIY menduduki peringkat terbaik pertama untuk kategori Badan Publik Pemerinta Daerah DIY. Adapun 3 besar OPD Pemda DIY yang masuk 3 besar adalah:

  1. Dinas Komunikasi dan Informatika DIY dengan nilai 79,25;
  2. Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY dengan nilai 67,05;
  3. Badan Kepegawaian Daerah DIY dengan nilai 59,82.

Monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi badan publik di DIY merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Komisi Informasi Daerah DIY. Kegiatan ini bertujuan untuk menilai tingkat keterbukaan informasi badan publik di DIY, dengan kategori yaitu: Badan Publik Pemda DIY, Badan Publik Pemerintah Kabupaten/Kota, Badan Publik Kecamatan, Badan Publik Vertikal, Badan Publik Yudikatif, BUMD milik Pemda DIY dan kabupaten/kota, Partai politik, Badan Publik Legislatif dan PPID Utama Pemda DIY.

Acara penyerahan penghargaan keterbukaan informasi publik dilaksanakan pada Selasa, 25 Oktober 2017, bertempat di gedug Pracimosono kompleks kepatihan Yogyakarta. Acara dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY, Unsur Pimpinan DPRD DIY, Komisioner KI Pusat, Instansi Vertikal yang ada di DIY, Perwakilan OPD Pemda DIY, OPD di tingkat Kabupaten/Kota se DIY. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, KGPAA Paku Alam X mengatakan dengan adanya keterbukaan informasi ini, diharapkan dapat menata kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, agar lebih baik dan lebih demokratis. Selain itu Gubernur DIY juga berharap agar masyarakat harus memahami bahwa keterbukaan bukan berarti sebebas - bebasnya, namun keterbukaan juga harus berjalan sesuai dengan koridor penghormatan terhadap hak asasi manusia dan menjamin adanya rahasia negara [pdti].

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .