Diskominfo DIY Terbaik ke I dalam Keterbukaaan Informasi 2019

Yogyakarta (28/9/2019) - Pada Sabtu (28/9) bertempat di Hotel Tara Tegalrejo Yogyakarta, dilaksanakan Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Daerah (KID) DIY. Pada kesempatan ini, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY berhasil mempertahankan gelar sebagai Terbaik I Kategori OPD Pemda DIY. Diskominfo DIY meraih peringkat terbaik I diikuti oleh DP3AP2 sebagai peringkat II dan BKD di peringkat ke III.  

Pada acara yang juga bertujuan untuk memperingati The International Right To Know Day (Hari Hak untuk Tahu Sedunia) ini dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X. Sri Paduka membacakan sambutan Gubernur DIY yang menyebutkan bahwa kemajuan teknologi bisa menjadi penguat badan publik untuk menyajikan informasi yang bisa diakses masyarakat. Berbagai platform online seperti website, media sosial dan aplikasi perpesanan online merupakan sarana penyebaran informasi layanan publik yang efektif dan cepat.

Ketua Komisi Informasi Daerah DIY Hazwan Iskandar Jaya melaporkan, pelaksanaan monitoring dan evaluasi ini menggandeng BPSDMP DIY, Universitas Aisyiah (UNISA) dan UGM untuk merumuskan instrumen penilaian agar dapat dipertanggung jawabkan secara akademik. Setiap badan publik yang dinilai telah melewati lima tahapan penilaian, yaitu, penyebaran angket kuisioner, pencermatan website badan publik, visitasi, uji akses serta presentasi badan publik dihadapan penilai. Kategori yang dinilai adalah PPID Utama Pemda DIY serta kabupaten/kota, OPD Pemda DIY serta Kabupaten/kota, kecamatan se-DIY, instansi vertikal, lembaga yudikatif dan legislatif dan BUMD.

Turut hadir pada acara pengaugerahan tersebut Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat, Wakil Bupati Kulon Progo, jajaran Forkopimda DIY, Pimpinan OPD DIY serta tamu undangan lainnya.

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .