Diskominfo Jawa Timur melakukan Kunjungan Kerja Terkait SAKIP

Yogyakarta (02/05/2019) Dalam rangka untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur mengadakan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informatika Pemda DIY pada hari Kamis, 2 Mei 2019. Selaku pimpinan dalam kunjungan kerja adalah Sekretaris Diskominfo Jawa Timur Ibu Ir. Dra. Aju Mustika Dewi, MM., didampingi oleh Kepala Bidang Data dan Statistik Bapak Drs. Ec. Rudy Prasetya, MM, disertai oleh beberapa pejabat dan ASN dari Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur.

Seperti yang telah diketahui, bahwa Pemerintah Daerah DIY dinyatakan sebagai daerah dengan Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE SAKIP) terbaik se-Indonesia. Hal ini berdasarkan evaluasi akuntabilitas kinerja terhadap instansi pemerintah daerah yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Pemda DIY berhasil meraih predikat "AA" untuk rapor LHE SAKIP 2018. Predikat "AA" merupakan kategori tertinggi, dan di Indonesia baru Pemda DIY yang berhasil meraih capaian ini.

Kunjungan diterima oleh Sekretaris Dinas Kominfo DIY Ibu Dra. Meni Karyawati didampingi oleh Kepala Bidang Keamanan Informasi dan Persandian Bapak Beni Kusambodo, SH. Disampaikan oleh Ibu Dewi, bahwa dalam kunjungan ini untuk mengetahui sejauh mana Provinsi DIY menerapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, sehingga dapat memperoleh predikat AA.

Dijelaskan dalam pertemuan bahwa Pemda DIY telah berhasil melakukan rasionalisasi kegiatan yang merupakan upaya sistematis berorientasi pada semangat Money Follow Program dan Program Follow Result. Sejak lima tahun terakhir, sudah dilakukan pemangkasan sekitar 1.600 kegiatan, dari 2.800 kegiatan pada 2014, menjadi sekitar 900 kegiatan pada tahun 2019. Upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan sinkronisasi, memudahkan pengendalian, meningkatkan belanja publik dan investasi kepada program-program yang bersifat strategis.

Nilai akuntabilitas kinerja mengidentifikasikan kemampuan instansi pemerintah tersebut untuk merencanakan target kinerja, penyelarasan hal-hal yang dikerjakan dengan target kinerja, penyelarasan anggaran dengan apa yang dikerjakan, pengerjaan kegiatan sesuai rencana dan pelaporan capaian kinerja yang selaras dengan yang telah dilaksanakan dan yang dikerjakan sebelumnya. 

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .