BERITA

Evalusi Dengar Pendapat Permohonan Perpanjangan Izin Penyelenggaraan Penyiaran

Evalusi Dengar Pendapat Permohonan Perpanjangan Izin Penyelenggaraan Penyiaran

YOGYAKARTA (3 Desember 2018) – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) Permohonan Perpanjangan Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) PT. Radio Swara Sembada (Radio MQ 92,3 FM Jogja), Senin (3/12) bertempat di Ruang Citra 2, Universitas AMIKOM, Jl. Ring Road Utara, Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta.

WhatsApp Image 2018-12-03 at 14.12.07Evaluasi Dengar Pendapat dihadiri oleh Komisioner bersama kesekretariatan KPID DIY, perwakilan dari Balai Monitoring Kelas I DIY, Ketua PRSSNI DIY, Polsek Depok Timur, dan Perwakilan dari Perangkat kantor Kecamatan Depok, serta tamu undangan lain, termasuk di dalamnya jajaran pemegang saham dan mitra PT. Radio Swara Sembada (Radio MQ 92,3 FM Jogja).

Berlaku sebagai ketua sidang EDP ialah Agnes Dwirusjiyati, S.Pd., Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID DIY. Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua KPID DIY, Drs. I Made Arjana Gumbara.

Berita yg terkait :
Ketua Komisi A Dprd Diy Bersama Kpid Diy Melaksanakan Literasi Media
Bimbingan Teknis Pengisian Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (sirup)
Tpid Diy Melakukan Pantauan Di Pasar Tradisional Argosari Gunungkidul

Dalam presentasinya, PT. Radio Swara Sembada (Radio MQ 92,3 FM Jogja) memaparkan sejarah, visi/misi, dan maksud tujuan berdiri. Radio MQ 92,3 FM Jogja memiliki visi “Menjadi media perubahan diri, keluarga, dan masyarakat menuju akhlak mulia. Adapun misinya dengan (1) Memberikan inspirasi dan motivasi untuk memaknai hidup dalam memberikan yang terbaik, (2) Memberikan inspirasi dan motivasi penanaman nilai-nilai Islam dalam kehidupan.

Radio yang lahir sejak tahun 2001 ini telah banyak menyiarkan beragam konten, mulai dari berita/penerangan/informasi (8% dari waktu siaran), pendidikan dan kebudayaan (28% dari waktu siaran), konten religi/agama (32,5% dari waktu siaran), hiburan dan musik (17,5% dari waktu siaran), Iklan niaga (13% dari waktu siaran), dan Iklan Layanan Masyarakat (1% dari waktu siaran).

WhatsApp Image 2018-12-03 at 14.11.31Pelaksanaan Evaluasi Dengar Pendapat berjalan kondusif dan interaktif. Banyak pertanyaan, saran atau masukan baik dari pihak KPID DIY maupun dari mitra PT. Radio Swara Sembada (Radio MQ 92,3 FM Jogja) yang hadir. Beberapa di antaranya, saran dari perwakilan Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta agar Radio MQ 92,3 FM Jogja dapat bekerja sama dengan Bappeda DIY untuk UU Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.  Masukan lain dari Dewi Nurhasanah S.Th.I.,M.A, komisioner KPID bidang pengawasan isi siaran mengingatkan agar penyiaran terkait konten keagamaan lebih berhati-hati, terutama dalam pemilihan narasumber.

Sementara itu, ketua KPID DIY Drs. I Made Arjana Gumbara mengingatkan agar Radio MQ 92,3 FM mempelajari regulasi penyiaran di daerah (Perda dan Pergub tentang Penyiaran di Daerah Istimewa Yogyakarta). KPID DIY mengingatkan agar Radio MQ 92,3 FM Jogja menyiarkan paling sedikit satu program siaran berbahasa jawa dalam satu hari.

Dalam hal perizinan, KPID DIY mengungkapkan bahwa proses perizinan Lembaga Penyiaran masih perlu perbaikan sistem. Tahun 2018 muncul peraturan baru terkait izin penyiaran melalui e-penyiaran. Gerbang utama perizinan penyiaran di tahun 2018 melalui Online Single Submission (OSS), diharapkan Radio MQ 92,3 FM Jogja dapat menyesuaikan.

KOMINFO

23

Dilihat

  • Penulis
Berita Lainnya

Orasi Budaya Sultan Akan Isi Peringatan Hari Lahirnya Pancasila

access_time02 Jun 17

YOGYAKARTA(29/05/2017) jogjaprov.go.id. –  Pancasila yang seharusnya menjadi Dasar, Falsafah dan Pedoman hidup Bangsa Indonesia di setiap nafas kehidupan, namun  dalam perkembangannya…

Pengukuhkan Pengurus Jagawarga DIY

access_time02 Jun 17

YOGYAKARTA. ( 30/05/2017) Jogjaprov.go.id - Jaga warga dibentuk berdasarkan Pergub DIY Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Jaga Warga. Jaga warga adalah…

Dialog Interaktif “Jogja Gumregah” di Jogja TV

access_time16 Jun 17

Selasa (14/03) sore, Bidang Humas Dinas Komunikasi dan Informatika DIY melaksanakan kegiatan Dialog Interaktif yang disiarkan langsung oleh Jogja TV.…

kegiatan Press Tour Dalam Daerah ke Kabupaten Kulon Progo

access_time16 Jun 17

Bersama dengan para awak media atau wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Unit Kepatihan, Bidang Humas Dinas Kominfo DIY melaksanakan…

Bidang Humas Selenggarakan Dialog Interaktif “Jogja Gumregah” di Jogja TV

access_time16 Jun 17

Selasa (14/03) sore, Bidang Humas Dinas Komunikasi dan Informatika DIY melaksanakan kegiatan Dialog Interaktif yang disiarkan langsung oleh Jogja TV.…

 

menu
menu