Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)

Pada hari Rabu 9 Mei 2018 bertempat di Kampung Mataraman, Jl. Ringroad Selatan No.93 Glugo, Sewon, Bantul, Bidang IKP Seksi PPIP Dinas Komunikasi dan Informatika DIY mengadakan acara Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten / Kota DIY. Tema yang diambil pada forum ini adalah “ Peningkatan Peran KIM sebagai Sumber Informasi Kesehatan Masyarakat di Era Digital ”.

Dalam sambutannya untuk membuka kegiatan forkom ini, Bapak Drs. Bayu Februarino Putro mewakili Kepala Dinas Kominfo DIY menyampaikan peran KIM yang mulai dipandang oleh Pemerintah sebagai agen informasi dari Pemerintah ke masyarakat ataupun sebaliknya. Beliau juga menyampaikan pesan dari Kepala Dinas Kominfo DIY agar KIM ikut berperan dalam melawan berita hoaks yang berkembang dengan konten-konten yang positif. 

Dilanjutkan pemaparan narasumber dari BPOM yang mengambil topik “ Strategi dan Kegiatan Balai Besar POM Dalam Mewujudkan Masyarakat Jogja Sehat “. Menyambut bulan Ramadhan, dijelaskan tentang hal-hal apa saja yang telah dilakukan oleh BPOM terkait keamanan obat dan makanan. Ada pula layanan online yang bisa diakses masyarakat untuk mencari informasi keamanan suatu produk. Masalah keamanan obat dan  makanan sangat kompleks, diperlukan  kerja sama yang lebih intensif dengan semua lintas sektor yang terlibat pada rantai produksi dan distribusi. Masyarakat sebagai pengguna akhir dari  obat dan pangan perlu ditingkatkan terus menerus peran sertanya melalui KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi ) dalam rangka menurunkan demand obat dan pangan yang tidak memenuhi syarat.

Narasumber kedua Drs. Bayu Februarino Putro yang menjelaskan tentang “ Peningkatan Peran KIM Sebagai Sumber Informasi Kesehatan Masyarakat di Era Digital “. Secara garis besar beliau menyampaikan tentang Pola Pemberdayaan KIM yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi.

 

Kominfo DIY

 

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .