Gandeng Gojek, Diskominfo DIY Ajarkan Pembuatan Konten Positif dan Digital Marketing Kepada Ibu-Ibu dan Siswa SD

(Yogyakarta, 17/12/2019) Dinas Komunikasi dan Informatika DIY menggandeng Gojek Indonesia mengadakan pelatihan digital marketing dan bijak bermedsos kepada masyarakat pada Senin (16/12) bertempat di Diskominfo Coworking Space (DCS). Pelatihan dilaksankan dalam 2 sesi, yaitu pagi dan siang hari. Sesi pagi pelatihan diberikan kepada siswa-siswi SD Negeri Suryodiningratan I Yogyakarta berupa bijak bermedsos dan pembuatan konten positif menggunakan gadget, sedangkan siang harinya di ruang kelas DCS dilaksanakan pelatihan digital marketing kepada ibu-ibu Dasa Wisma Kelurahan Giwangan, Yogyakarta. Narasumber dari kegiatan ini yaitu Ir. Rony Primanto Hari, MT selaku kepala Diskominfo DIY, Kepala Bidang IKP Diskominfo DIY, Rahmat Sutopo, SE dan perwakilan dari Gojek Indonesia.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas mengatakan bahwa kemajuan TIK merupakan pisau bermata dua, yaitu memiliki sisi positif dan negatif, tergantung cara memanfaatkannya. Dampak negatif dari perkembangan TIK antara lain munculnya konten-konten dan informasi hoax serta menyesatkan, sedangkan segi positifnya adalah terbukanya peluang untuk meningkatkan pendapatan, kesejahteraan dan kemajuan peradaban masyarakat.  Rony menyatakan bahwa Diskominfo DIY memandang itu semua sebagai tantangan, yakni di satu sisi membentengi masyarakat dari pengaruh konten-konten negatif dan di sisi lain berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelatihan-pelatihan digital.

Kepala Bidang IKP mengemukaan bahwa target kegiatan ini antara lain munculnya kreator-kreator konten positif sehingga konten-konten negatif dapat diminimalisir sekaligus diharapkan para ibu dapat meningkatkan pendapatan keluarga melalui digital marketing. Mereka juga diharapkan dapat menjadi agen literasi digital yang akan ikut memberikan pemahaman kepada lingkungan sekitarnya terkait bahaya informasi palsu/hoax.

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .