BERITA

JSP, Konsep Peningkatan Kualitas Manusia Jogja

JSP, Konsep Peningkatan Kualitas Manusia Jogja

Yogyakarta (07/06/2018)  Pemerintah Daerah (Pemda) DIY tengah menyusun master plan untuk Jogja Smart Province (JSP). Program JSP ini dimaknai sebagai konsep menunjang upaya peningkatan kualitas manusia Jogja (DIY).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Ir. Rony Primanto Hari,  MT yang ditemui usai pemaparan JSP kepada Gubernur DIY di Gedhong Wilis, Kepatihan, Yogyakarta, mengatakan JSP diharapkan menjadi program untuk mengintegrasikan informasi-informasi dan aplikasi yang ada di seluruh DIY.

“Dengan begitu masyarakat akan lebih mudah mengakses informasi dan memanfaatkannya, atau lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan dari pemerintah,” ujar Rony, Kamis (07/06).

Berita yg terkait :
Bimbingan Teknis Pengisian Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (sirup)
Tpid Diy Melakukan Pantauan Di Pasar Tradisional Argosari Gunungkidul
10 Inovasi Penyelenggaraan Haji 1439h/2018m

Diungkapkan Rony, JSP akan dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan potensi-potensi yang dimiliki Jogja. Menurutnya, Jogja memiliki banyak perguruan tinggi dan punya banyak orang pintar, serta institusi yang memang bergerak dalam pengembangan IT.

“Dalam pemaparan tadi, Ngarsa Dalem berpesan, apa yang dikembangkan nanti harus bisa dimanfaatkan dan membangun komitmen di antara stakeholder yang ada.  Sehingga pengintegrasian kegiatan-kegiatan pengembangan IT bisa dilakukan dan masyarakat dapat merasakan manfaat yang optimal,” paparnya.

Gubernur menurut Rony implementasi JSP tidak bisa dilakukan hanya oleh Pemda DIY, melainkan harus melibatkan kabupaten/kota. Karenanya, komunikasi dengan kabupaten/kota akan dilakukan terlebih dahulu.

Konsep JSP menggunakan pendekatan kreatif dan inovatif dari Pemerintah DIY dan setiap kelompok pemangku kepentingan. Konsep ini dilakukan untuk penyelesaian isu strategis dan/atau pengembangan sektor unggulan DIY melalui optimalisasi pendayagunaan teknologi, integrasi data, dan kolaborasi antarwilayah. Tujuannya untuk mengakselerasi terwujudnya kehidupan masyarakat DIY yang lebih sejahtera, sehat, nyaman, dan aman.

Program JSP dilakukan untuk mendukung visi Gubernur DIY 2017-2022, yakni menyongsong abad Samudra Hindia untuk kemuliaan martabat manusia Jogja. Misi konsep ini ialah meningkatkan kualitas hidup kehidupan dan penghidupan masyarakat yang berkeadilan dan berkeadaban, serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang demokratis. (Rt)

HUMAS DIY

170

Dilihat

Kominfo DIY
  • Penulis
Berita Lainnya

Orasi Budaya Sultan Akan Isi Peringatan Hari Lahirnya Pancasila

access_time02 Jun 17

YOGYAKARTA(29/05/2017) jogjaprov.go.id. –  Pancasila yang seharusnya menjadi Dasar, Falsafah dan Pedoman hidup Bangsa Indonesia di setiap nafas kehidupan, namun  dalam perkembangannya…

Pengukuhkan Pengurus Jagawarga DIY

access_time02 Jun 17

YOGYAKARTA. ( 30/05/2017) Jogjaprov.go.id - Jaga warga dibentuk berdasarkan Pergub DIY Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Jaga Warga. Jaga warga adalah…

Dialog Interaktif “Jogja Gumregah” di Jogja TV

access_time16 Jun 17

Selasa (14/03) sore, Bidang Humas Dinas Komunikasi dan Informatika DIY melaksanakan kegiatan Dialog Interaktif yang disiarkan langsung oleh Jogja TV.…

kegiatan Press Tour Dalam Daerah ke Kabupaten Kulon Progo

access_time16 Jun 17

Bersama dengan para awak media atau wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Unit Kepatihan, Bidang Humas Dinas Kominfo DIY melaksanakan…

Bidang Humas Selenggarakan Dialog Interaktif “Jogja Gumregah” di Jogja TV

access_time16 Jun 17

Selasa (14/03) sore, Bidang Humas Dinas Komunikasi dan Informatika DIY melaksanakan kegiatan Dialog Interaktif yang disiarkan langsung oleh Jogja TV.…

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA Ke-73 "Kerja Kita Prestasi Bangsa"  

menu
menu