Kerja SIMAN Buat Konten Kreatif dan Diseminasi Informasi Kebijakan Pemerintah

Jakarta, Kominfo - Ketua Dewan Pakar Tim Sinergi Informasi Media Sosial Aparatur Negara (SIMAN) Pusat Fariza Irawady menyatakan SIMAN bertugas memberikan dukungan dalam pembuatan konten kreatif dan mendiseminasikan informasi kebijakan pemerintah. 

“Kita sudah tergabung dalam 34 WA group yang terdiri dari 2.387 pengguna yang selalu aktif kita diseminasikan informasinya. Apa yang kita lakukan dalam tim manajemen SIMAN? Pertama kita memberikan dukungan pembuatan konten kreatif dan share rilis dari Deputi Protokol dan Pers kemudian kita bikinkan infografisnya, video grafisnya kemudian kita sebarkan,” kata Fariza dalam Rapat Sinergisitas Tim SIMAN di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Selasa (15/01/2019).

Menurut Fariza, tantangan ke depan Tim SIMAN adalah pembuatan konten yang menarik agar bisa disebarluaskan oleh seluruh aparatur negara. “Tantangan ke depan kita adalah bagaimana menyebarkan konten yang menarik sehingga mau disebar minimal oleh aparatur negara,” ungkapnya.

Deputi VII/Kominfotur Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Rus Nurhadi Sutedjo menjelaskan pendirian Tim SIMAN dilatarbelakangi oleh arahan Presiden dalam penanganan informasi kebijakan pemerintah melalui media sosial dalam kegiatan rapat yang digelar Kementerian Koordinator Bidang pada tanggal 18 Agustus 2017.

“Tim SIMAN wajib merespons informasi yang negatif, mendiseminasikan konten yang positif, dan membangun sinergi dengan seluruh aparatur kementerian dan lembaga agar pelayanan informasi di media sosial terlaksana dengan baik,” katanya mengulang arahan Presiden Joko Widodo.

Oleh karena itu, saat ini menurut Rus Nurhadi, kerja Tim SIMAN diarahkan untuk membangun sinergisitas, terutama dalam menangkal isu negatif yang berpotensi menyudutkan pemerintah. “Sinergisitas tim SIMAN dan dalam pelaksanaan tugasnya, TIM SIMAN aktif melaksanakan monitoring, observasi, dan analisa terhadap isu-isu negatif di media sosial yang berpotensi menyudutkan pemerintah,” tambahnya.

Hadir juga pada rapat itu Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Adita Irawati. Ia menyambut baik rapat sinergisitas Tim SIMAN sebagai upaya koordinasi untuk meningkatkan komunikasi pemerintah dalam media sosial. “Ini momentum yang bagus sekali. Kita di awal tahun duduk berkoordinasi untuk bagaimana menghadapi situasi yang mulai menghangat dalam konteks kita berkomunikasi khususnya di media sosial,” katanya.

Menurut Adita, hal yang penting dipahami bersama adalah apakah tujuan diadakannya SIMAN terkomunikasikan dengan baik sehingga punya kesamaan persepsi. “Antara tujuan didirikan SIMAN yang sebenarnya adalah untuk lembaga pemerintahan ada beda persepsinya. Bahwa SIMAN adalah untuk sesorang atau suatu lembaga tertentu yang sebenarnya tidak relevan dengan saya atau tidak relevan dengan kementerian saya,” ungkapnya mengidentifikasi salah satu persoalan dalam kinerja Tim SIMAN.

Oleh karena itu, Adita menekankan kesamaan persepsi yang perlu dibangun di kalangan kementerian dan lembaga agar bisa memanfaatkan SIMAN untuk mengomunikasikan capaian dan kinerja masing-masing.

“Ini yang mungkin bisa menjadi suatu evaluasi untuk disamakan persepsinya bahwa SIMAN ini dibentuk untuk kepentingan pemerintahan. Dimana K/L ini ada di dalam situ dan ini juga untuk manfaaat K/L sendiri sebenarnya. Karena bagaimana pun, kementerian dan lembaga perlu berkomunikasi dan menyampaikan capaian-capaiannya. Jadi memang harus dikembalikan kepada konteks kepentingan dari K/L bersangkutan,” tegasnya.

Berkaitan dengan harapan dari Presiden, Adita mengatakan target utama komunikasi pemerintahan adalah menyampaikan capaian positif dari kerja pemerintahan. “Bagaimana capaian-capaian yang positif pemerintahan saat ini itu ternyata ditangkapnya tidak sama dan hasil survey memperlihatkan bahwa ternyata tingkat kepuasan itu masih banyak ruang untuk diperbaiki. Bicara tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah, faktor komunikasi itu penting sekali,” katanya. (PS)

 

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .