Kominfo DIY Gelar Forum Perangkat Daerah Penyusunan RKPD 2020

Yogyakarta(26/02/2019), Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020, Dinas Kominfo DIY menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah pada hari Rabu 26 Februari 2019. Salah satu fungsi dari forum perangkat daerah adalah sebagai ruang konsultasi publik. Pelaksanaan  konsultasi publik ini menjadi hal yang sangat penting, karena merupakan bahan untuk penyusunan RKPD  yang merupakan pedoman dalam  penyusunan kebijakan dan program pembangunan serta penyusunan anggaran tahun 2020. Kegiatan konsultasi publik tersebut dilaksanakan untuk menindak lanjuti ketentuan Pasal 80 ayat (1) Permendagri No 86 tahun 2017. Rancangan awal RKPD sebagaimana dimaksud dalam Pasal 79 dibahas bersama dengan kepala Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan.

Turut hadir dan menjadi narasumber dalam Forum Konsultasi Publik ini adalah sekretaris Komisi A DPRD DIY Bapak Agus Sumartono, S.Si, yang mewakili unsur legislatif, dan Bapak M. Taufiq Arrahman, SIP dari BAPPEDA DIY. Selain itu hadir pula perwakilan dari Dinas Kominfo Kabupaten/kota se DIY, OPD terkait Pemda DIY, akademisi dan penggiat media sosial (netizen) Jogja. Forum konsultasi publik dilaksanakan untuk menangkap isu-isu strategis terkini yang berpengaruh pada perencanaan pembangunan. Terutama, input untuk menampung masukan bagi perencanaan pembangunan daerah DIY yang diperoleh dari stakeholder terkait: akademisi, masyarakat, legilstatif, dan perangkat daerah terkait.

Dalam paparannya, Narasumber dari BAPPEDA DIY, Bapak M. Taufiq Arrahman menjelaskan bahwa tujuan Forum Perangkat Daerah adalah untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program & kegiatan, lokasi & kelompok Sasaran yang telah disusun dalam RENSTRA Perangkat Daerah. Hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan rencana kerja perangkat daerah adalah: memperhatikan rancangan awal RKPD DIY 2020 untuk menjaga keselarasan antar dokumen, berpedoman pada Renstra OPD (cascade) yang telah diselaraskan dengan perda RPJMD dan memperhatikan hasil evaluasi Renja OPD tahun lalu dan tahun berjalan.

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .