Literasi digital untuk meningkatkan kinerja ASN Pemda DIY

Yogyakarta (21/10) 2019, Dinas Kominfo DIY menyelenggarakan Diseminasi Konten Positif dengan tema "Literasi digital untuk meningkatkan kinerja ASN Pemda DIY" di RM. Ingkung Grobog. Peserta dalam kegiatan kali ini adalah ASN Pemda DIY.
Acara dibuka oleh Kepala Bidang IKP Dinas Kominfo DIY, Rahmat Sutopo. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran ASN agar selalu menggunakan media sosial dengan bijak, sehingga dapat meningkatan pelayanan publik.

Narasumber pertama dalam kegiatan ini adalah Kombes Pol. Yulianto, S.IK, M.Sc., selaku Kepala Bidang Humas Polda DIY. Beliau memberikan materi tentang Bijak Bermedia Sosial dan Memahami Resiko Hukum UU ITE. Dalam materinya, beliau mengingatkan kepada seluruh ASN yang hadir agar selalu memproduksi konten yang positif. Selain itu, untuk meminimalisir penyebaran berita hoax, sebaikya OPD Pemda DIY menyebarkan informasi melalui akun official media sosial, media maenstream, atau siaran pers. Tak lupa, beliau juga mengulas tentang UU ITE tentang penyebaran berita hoax.



Selanjutnya adalah pemaparan materi dari Untung Sujarwo, S.Kom., dari Gamatechno Indoesia. Dalam kesempatan kali ini, ia mensosialisasikan aplikasi Jogja Istimewa, dan bagaimana ASN Pemda DIY dapat memafaatkan aplikasi tersebut sebagai salah satu penunjang pelayanan publik.

Materi terakhir disampaika oleh  Kepala Dinas Kominfo DIY Ir. Rony Primanto Hari, M.T., yang menyampaikan materi tentang Optimalisasi TIK untuk Pelayanan Publik. Dalam materinya, beliau menghimbau kepada seluruh peserta untuk dapat menciptakan produk yg kreatif dan informatif untuk meningkatkan layanan informasi ke masyarakat, salah satunya melalui aplikasi Jogja Istimewa. Aplikasi Jogja Istimewa merupakan platform yang berisi tentang seluruh informasi tentang Jogja. Selain itu, platform yang berfungsi sebagai wadah aspirasi publik juga telah disediakan yamni Aplikasi E-Lapor. Kedua aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keterbukaan informasi publik,karena salah satu fokus dari Dinas Kominfo DIY adalah menyebarluaskan informasi dan kebijakan pemerintah.

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .