Menciptakan Pemilu Partisipatif Yang Aman Dan Damai, Tanpa Hoax Serta Ujaran Kebencian

Jogja (03/02/2019) Dinas Kominfo DIY mengadakan kegiatan Diseminasi Konten Positif di Kantor Kecamatan Mergangsan, Minggu 3 Maret 2019 dengan tema “Menciptakan Pemilu Partisipatif Yang Aman Dan Damai, Tanpa Hoax Serta Ujaran Kebencian” kegiatan ini di hadiri oleh tiga narasumber dari Komisi A DPRD DIY Bpk. Eko Suswanto,S.T,Msi., Bpk Tri Martono (pakde senggol), Rakhmat Sutopo, SE Kepala Bidang IKP Dinas Kominfo DIY dengan peserta Forum RW dan Karang Taruna Mergangasan.

Acara Diseminasi Konten Positif dengan tema “ Menciptakan Pemilu Yang Partisipasif Tanpa Hoax dan Ujaran Kebencian” dimulai pukul 08.00 WIB dan dibuka oleh Drs. Junaidin  dari bidang IKP

Dilanjutkan sambutan sekaligus penyampaian materi dari bapak Rakhmat Sutopo, SE selaku Kepala Bidang IKP Dinas Kominfo DIY yang menyampaikan materi tantang “Kolaborasi Melawan Hoax”. Disampaikan bahwa petumbuhan pengguna internet semakin masif, chatting dan sosial media mendominasi layanan yang diakses masyarakat Indonesia. Seiring dengan pemanfaatan internet untuk inisiatif- positif, muncul celah untuk menggunakan internet dalam hal-hal negatif.

 Dalam kesempatan itu  Eko Suwanto  menyebutkan bahwa TIK dapat di manfaatkan  untuk untuk mendukung Kinerja Pemerintah Daerah, Pelayanan Publik, ketentraman , ketertiban umum dan perlindungan Masyarakat. Mendukung tugas kepolisian  Negara Republik Indonesia  dalam mewujudkan keamanan masyarakat dan/penanggulangan bencana.        

Narasumber selanjutnya yaitu bapak Tri Martono dari Masyarakart Digital Jogja. Beliau menyampiakan materi tentang “Peran Netizen Jogja Dalam Menciptakan Situasi Koundusif Menjelang Pemilu 2019”. Masyarakat yang bijak bermedia sosial adalah masyarakat yang dapat memanfaatkan media sosial dengan baik bukan hanya untuk kepentingan hiburan semata, dapat membedakan mana berita hoax dan berita yang sebenanrnya.

KOMINFO

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .