Pemda DIY masuk TOP 30 Pemda terbaik Pengelolaan Pengaduan Layanan Publik tahun 2019

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menganugerahkan piala Anggakara Birawa kepada 10 instansi dan tiga Unit Pelaksana Pelayanan (UPP) terbaik pengelola pengaduan pelayanan publik tahun 2019. Penghargaan ini merupakan puncak dari Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2019.

Dalam kesempatan yang sama, Pemerintah Daerah DIY mendapatkan penghargaan atas Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Tahun 2019. Pemda DIY masuk sebagai TOP 30 Pemerintah Daerah terbaik untuk Pengelolaan Pengaduan Layanan Publik tahun 2019. Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Menteri PAN RB Tjahyo Kumolo dan diterima oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku BuwonoX, di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (09/12) malam.

Kompetisi ini merupakan evaluasi terhadap instansi dan UPP yang telah mengimplementasikan amanat dari UU No 25/2009 tentang Pelayanan Publik dan Permen PANRB No 76 Tahun 2013 tentang Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional. Dengan adanya pengelolaan pengaduan pelayanan publik, maka tersedia ruang berpartisipasi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik dari masyarakat.

Sebelumnya dilakukan proses pendaftaran, para peserta akan diseleksi Kementerian PAN RB dengan tahapan yang dimulai dari verifikasi formulir self-assessment untuk dipilih 40 besar. Tahap penjurian serta wawancara oleh tujuh juri independen dengan berbagai latar belakang. Dari hasil penjurian ini, ditetapkan Top 10 instansi pemerintah dan Top 3 UPP terbaik. Pemda DIY masuk sebagai TOP 30 Pemerintah Daerah terbaik untuk Pengelolaan Pengaduan Layanan Publik tahun 2019.

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .