Pengawasan Pemilu 2019 dalam Lembaga Penyiaran

YOGYAKARTA (13/8/2018) - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan agenda rutin Talkshow di I-Radio, Yang dinarasumberi oleh Sapardiyono, S.Hut.,M.H. bersama dengan Bagus Sarwono, S.Pd.Si., M.P.A. Ketua Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) DIY . Tema talkshow yang diambil oleh KPID DIY adalah “Pengawasan Pemilu 2019 dalam Lembaga Penyiaran” mengingat bahwa saat ini suasana politik sedang menghangat.

Sebagai pilar demokrasi yang ke-empat, media massa memiliki peranan penting untuk mengontrol proses politik agar sesuai aturan yang telah disepakati. KPID DIY merupakan salah satu media yang digunakan untuk melakukan pengawasan terhadap lembaga penyiaran. Proses kontrol yang dilakukan oleh KPID ini sangat penting, mengingat bahwa politik dalam pemilu  dapat mengubah arah kebijakan pemerintah kemanapun yang diinginkan oleh  pemenang pemilu. Media tidak boleh memihak pada salah satu partai, dan harus bersifat netral.

Talkshow tersebut berjalan lancar dan disambut baik oleh para pendengar dan staf i-Radio. KPID DIY dan Bawaslu DIY berharap agar masyarakat ikut serta dalam melakukan pengawasan pada lembaga penyiaran, apabila menemukan pelanggaran-pelanggaran dalam kampanye pemilu dapat melaporkan baik ke Bawaslu maupun ke KPID. 

Kominfo

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .