Peringati HUT KE-73 Persandian, Diskominfo DIY Menggelar Napak Tilas

(Yogyakarta/04/04/2019) Dalam rangka memperingati memperingati HUT ke-73 Persandian RI yang jatuh pada tanggal 4 April, Forkomsanda DIY menggelar kegiatan seperti Napak Tilas Rute Gerilya Pejuang Persandian dari museum persandian menuju Rumah Sandi Dukuh Kulonprogo. Kegiatan yang dikoordinasikan oleh Bidang Keamanan dan Persandian Diskominfo DIY ini dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 April 2019. K Forkomsanda (Forum Komunikasi Sandi Daerah) DIY yang bekerja sama dengan Museum persandian dan diikuti oleh unsur Museum Sandi, TNI/Polri, Pemerintah Daerah dan Masyarakat.

Napak Tilas dimulai dari Museum Sandi (Kotabaru) menuju Rumah Sandi Dukuh (Kulonprogo) dengan menempuh jarak 23 Km. Peserta Napak Tilas diikuti oleh sekitar 40 orang yang terdiri dari masyarakat umum, TNI dan Forkomsanda. Napak tilas ini merupakan bentuk peringatan atas sejarah dan perintisan Dinas Kode yang merupakan cikal bakal BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara). Saat Agresi Militer II Belanda, Yogyakarta diserang dan para Sandiman melakukan long March ke Dekso Kulonprogo dan mendirikan kamar sandi darurat di dusun Dukuh, Purwoharjo, Samigaluh, Kulonprogo.

Pada pagi harinya, Rabu (04/04/2019) di halaman depan Rumah Sandi Dukuh Kulonprogo dilaksanakan upacara bendera untuk memperingati HUT ke-73 Persandian RI. Upacara tersebut dihadiri oleh perwakilan Sandiman dari Kota/Kabupaten diantaranya Sandiman Pemkab Kulonprogo, Pemkab Bantul, Pemkab Sleman, Pemkab Gunungkidul, Pemkot DIY, Pemprov DIY, TNI dan anggota Museum Sandi dengan Pembina Upacaranya adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, selaku ketua Forkomsanda Ir. Rony Primanto Hari, MT. Acara Napak Tilas selain untuk mengenang kembali jasa-jasa dan peran para Sandiman dalam memperjuangkan Bangsa Indonesia juga untuk menumbuhkembangkan nilai kejuangan dan patriotsme, dan juga bertujuan untuk meningkatkan sosialisasi ilmu dan peran persandian dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan bagi generasi muda.

 

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .