Seleksi Administrasi Calon Anggota KPID DIY 2020-2023 Dimajukan

YOGYAKARTA – Selasa (13/10/2020) diadakan rapat P Timsel di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) DIY Jl. Brigjen Katamso Yogyakarta, dengan lima anggotanya Sihono HT; Ir. Rony Primanto Hari, MT; Rahayu; Budhi Hermanto; dan Fajar Junaedi sepakat untuk membaca dan mencermati semua makalah pendaftar yang lolos administrasi.“Selain membaca dan mencermati visi misi pendaftar, kami juga akan menelusuri rekam jejak calon anggota komisioner KPID DIY,” tegas Sihono HT, Ketua Timsel Calon Anggota KPID DIY. Track record pendaftar akan dilihat dari jejak digital dan berbagai media sosial, serta masukan dari masyarakat.

Jumlah pendaftar calon anggota KPID DIY 2020-2023 ada 59 orang, terdiri dari 8 perempuan dan 51 laki-laki. Timsel akan menentukan 14 sampai 21 nama untuk diusulkan kepada Gubernur DIY. Selanjutnya Gubernur DIY akan mengirimkan kepada DPRD DIY untuk dilakukan fit and propertest. Uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi A akan dilaksanakan pada 17-10 Desember.
Seleksi calon anggota KPID DIY dilaksanakan melalui berbagai tahapan. Setelah seleksi administrasi, kemudian ujian tulis, tes wawancara, psikotes, dan fit and propertest. Seleksi administrasi, tes tertulis, dan tes wawancara dilaksanakan oleh Timsel. Sedangkan psikotes oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan fit and propertest oleh Komisi A DPRD DIY.

Keputusan Tim seleksi (Timsel) untuk memajukan jadwal seleksi administrasi calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 2020-2023 dimaksudkan agar lima anggota Timsel memiliki waktu yang cukup untuk membaca dan mencermati visi misi, serta track record pendaftar. Awalnya seleksi dijadwalkan pada 30-31 Oktober 2020, dimajukan menjadi 20 Oktober 2020. Sedangkan jadwal ujian tulis dan tes wawancara akan ditentukan pada rapat Timsel Selasa (20/10/2020). Hasil seleksi administrasi akan diumumkan secara terbuka melalui media cetak, media siber, dan media sosial.

Untuk materi tes tertulis pada seleksi calon anggota KPID DIY 2020-2023 berbeda dengan periode sebelumnya. Karena pada ujian tulis tahun ini ada soal tentang kasus-kasus aktual yang terkait dengan penyiaran. Jadi selain pemahaman tentang regulasi penyiaran, baik di tingkat nasional maupun lokal, calon komisioner juga harus mengerti dan mampu memberikan jalan keluar tentang kasus-kasus penyiaran.

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .