BERITA

Siapkan Talenta Coding, Menkominfo Apresiasi DACSA

Siapkan Talenta Coding, Menkominfo Apresiasi DACSA

Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresasi peluncuran Del Arrbey Coding and Startup Academy (DACSA) untuk memenuhi kebutuhan talenta sumberdaya manusia (SDM) dalam hal pemrograman atau coding. Menurutnya, saat ini Indonesia cukup tertinggal dibanding negara-negara tetangga terutama Singapura. 

“Issue yang cukup besar di Indonesia adalah talent di Coding. Coding bukan bahasa program, tapi nalar, pikiran untuk membuat suatu proses baru. Coding ini kita telat, coding di Indonesia di mana?” katanya dalam Peluncuran Del Arrbey Coding and Startup Academy (DACSA) di Sopo Del Tower Jakarta, Kamis (31/5/2018) pagi.

Dari segi pendidikan digital, Menteri Kominfo menyebut tiga tahapan dalam pengenalan coding. "Mulai dari jangka panjang, jangka pendek, hingga terakhir promosi dan komunikasi," tandasnya.

Berita yg terkait :
Bimbingan Teknis Pengisian Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (sirup)
Tpid Diy Melakukan Pantauan Di Pasar Tradisional Argosari Gunungkidul
10 Inovasi Penyelenggaraan Haji 1439h/2018m

Menurut Menteri Rudiantara dalam jangka panjang adalah masuknya coding dalam kurikulum SMK. Hal itu perlu segera dilakukan apalagi dirinya telah menyampaikan inisiatif itu kepada Menteri Dikbud yang lama, Anies Baswedan dan yang saat ini sedang menjabat, Muhadjir Effendy.

“Sumber dari talenta untuk digital di dunia, untuk startup itu dikenal dengan 3B, B area San Fransisco, Beijing, dan Bengalor. Di Indonesia sangat terlambat. Coding di Singapura diajarkan dimulai dari sebelum TK, Singapura memang tidak bisa dibandingkan, tapi idenya seperti itu,” tuturnya.

Jangka pendek yang diungkapkannya juga adalah dengan melakukan home schooling tingkat SMA. Sedangkan, dari segipromosi dan komunikasi, Indonesia bisa melakukan kegiatan seputar coding seperti coding day, coding camp, sampai coding internship.

Hal ini merupakan salah satu cara untuk menghadapi perubahan yang terjadi di masa mendatang seperti revolusi industri 4.0. “Kita harus menyikapi dengan menerima perubahan dan apa yang akan kita lakukan. Terjadi revolusi industri akibat dari munculnya teknologi, mengakibatkan kreativitas untuk mengubah suatu proses,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Chief Strategy Consultan ARRBEY Handito Joewono menceritakan bagaimana awal mula lahirnya pemikiran DACSA ini. Lahirnya Dacsa sendiri merupakan hasil dari gagasan beberapa petinggi Institut Teknologi Del. “Dari pertemuan itu lahirlah keinginan untuk bikin sesuatu yang lebih bermakna tidak hanya buat yang ada di Medan tapi di Sumatera Utara, tapi juga buat Indonesia bahkan kalau mungkin di dunia. Kita mulai buat Del Arbey Coding and Startup Academy (DACSA).”

Handito juga berharap setelah adanya kegiatan ini akan banyak membantu startup lainnya untuk menjadi the next Unicorn. “Kita ingin setelah kegiatan ini akan muncul banyak hal yg membantu startup-startup kita agar seperti yang diharapkan, dicita-citakan pak menteri Rudiantara, akan lahir unicorn-unicorn yang banyak dari Indonesia. Kegiatan Dacsa sendiri adalah salah satu kontribusi untuk mendukung niat besar pak menteri Kominfo,” pungkasnya. (AB-Z)

27

Dilihat

Kominfo DIY
  • Penulis
Berita Lainnya

Orasi Budaya Sultan Akan Isi Peringatan Hari Lahirnya Pancasila

access_time02 Jun 17

YOGYAKARTA(29/05/2017) jogjaprov.go.id. –  Pancasila yang seharusnya menjadi Dasar, Falsafah dan Pedoman hidup Bangsa Indonesia di setiap nafas kehidupan, namun  dalam perkembangannya…

Pengukuhkan Pengurus Jagawarga DIY

access_time02 Jun 17

YOGYAKARTA. ( 30/05/2017) Jogjaprov.go.id - Jaga warga dibentuk berdasarkan Pergub DIY Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Jaga Warga. Jaga warga adalah…

Dialog Interaktif “Jogja Gumregah” di Jogja TV

access_time16 Jun 17

Selasa (14/03) sore, Bidang Humas Dinas Komunikasi dan Informatika DIY melaksanakan kegiatan Dialog Interaktif yang disiarkan langsung oleh Jogja TV.…

kegiatan Press Tour Dalam Daerah ke Kabupaten Kulon Progo

access_time16 Jun 17

Bersama dengan para awak media atau wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Unit Kepatihan, Bidang Humas Dinas Kominfo DIY melaksanakan…

Bidang Humas Selenggarakan Dialog Interaktif “Jogja Gumregah” di Jogja TV

access_time16 Jun 17

Selasa (14/03) sore, Bidang Humas Dinas Komunikasi dan Informatika DIY melaksanakan kegiatan Dialog Interaktif yang disiarkan langsung oleh Jogja TV.…

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA Ke-73 "Kerja Kita Prestasi Bangsa"  

menu
menu