Upacara Peringatan Hari Nusantara 2018

Yogyakarta (13/12/2018). Menindaklanjuti surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 003.1/ Tanggal 5 Desember 2018 perihal Peringatan Hari Nusantara Tahun 2018, serta surat edaran Gubernur DIY Nomor 003/16702 tanggal 10 Desember 2018 tentang Pedoman Peringatan Nusantara Tahun 2018, Dinas Komunikasi dan Informatika DIY melaksanakan Upacara pada hari Kamis 13 Desember 2018. Pada kegiatan tersebut diikuti seluruh Pejabat dan Staf baik ASN maupun non-ASN di lingkungan Diskominfo DIY. Peringatan Hari Nusantara tahun 2018 kali ini dengan tema "Perwujudan Kesatuan Nusantara Yang Utuh Melalui Deklarasi Juanda".

Sebagai inspektur upacara adalah Kepala Dinas Kominfo DIY, Ir. Rony Primanto Hari, MT., yang membacakan sambutan Gubernur DIY. Dalam sambuntannya Gubernur DIY mengingatkan tentang konsep wawasan Nusantara. Gubernur DIY mengajak segenap peserta upacara untuk meneguhkan tekad bahwa Republik Indonesia adalah sebuah negara kesatuan yang tidak terpisahkan kendati secara geografis Negara Indonesia terdiri lebih dari 17.000 pulau.

Tema peringatan Hari Nusantara tahun 2018 adalah "Perwujudan Kesatuan Nusantara yang Utuh melalui Deklarasi Juanda". Dengan tema ini, maka pada kesempatan perayaan Hari Nusantara ini, kita harus bisa melakukan introspeksi mengenai laut. Lebih lanjut dalam sambutanya Gubernur DIY menegaskan bahwa kita di satu sisi memiliki wilayah laut yang begitu luas, namun sumberdaya laut yang begitu hebat itu belum kita berdayakan secara optimal bagi kemakmuran seluruh bangsa. Padahal, kita sadari bersama bahwa bangsa Indonesia adalah keturunan dari nenek moyang yang merupakan bangsa pelaut yang cinta laut dan berani mengarungi serta memanfaatkannya sebagai sumber kehidupan.


Budaya bahari ini perlu kita tanamkan kembali. Hal ini sesuai dengan misi dan visi DIY yaitu "Menyongsong Abad Samudera Hindia". Yogyakarta yang memiliki wilayah garis pantai sepanjang sekitar 126 kilometer yang mencakup tiga wilayah kabupaten, tentu juga akan memiliki posisi strategis dalam lalu lintas perekonomian di wilayah Samudra Hindia. Wawasan Nusantara harus kita beri isi kongkrit. Maka, momentum Hari Nusantara kali ini harus kita pelihara dan lanjutkan terus. Marilah kita semua menggelorakan Budaya Bahari. Mari kita semua mengoptimalkan perairan laut kita sebagai penyatu ekonomi.

KOMINFO

 

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .