Diskominfo Co Working Space

Dalam rangka untuk memfasilitasi masyarakat serta komunitas yang ada di Jogja dalam mengembangkan industri kreatif digital, Dinas Komunikasi dan Informatika DIY menyediakan area khusus bagi mereka yang ingin menyalurkan ide serta gagasannya. Area ini dinamakan Diskominfo Co Working Space (DCS). DCS Diskominfo DIY diresmikan oleh Kepala Diskominfo DIY, Ir. Rony Primanto Hari MT pada tangal 24 Agustus 2018.

DCS yang dibangun oleh Diskominfo DIY mengusung konsep ramah difabel. Dimana dalam penataan ruangan serta jalan masuk menuju DCS didesain sedemikian rupa untuk para difabel. Tidak hanya itu, kursi roda juga bisa masuk ke ruangan, kamar mandi dan pintu juga didesain ramah difabel. Kepala Diskominfo DIY berkomitmen bahwa DCS ini dibuat untuk bisa digunakan oleh siapa saja, yang artinya juga bisa digunakan untuk difabel. “Kita melihat memang banyak Co Working Space yang ada di Jogja itu tidak ramah difabel, disini kita harapkan ini bisa digunakan untuk kaum difabel juga. Kita melihat difabel ini walaupun secara fisik mempunyai keterbatasan tapi mereka juga memiliki kelebihan lain,” tutur Ir. Rony Primanto Hari, MT.

Ada beberapa fasilitas lain yang ada di DCS, diantaranya outdoor space untuk kegiatan diskusi, performance space untuk komunitas yang ingin menampilkan karyanya, tujuh peralatan komputer yang bisa digunakan untuk berkreasi, satu ruang studio kecil yg bisa digunakan untuk membuat animasi dan film pendek, serta ruang kelas dengan kapasitas 20 orang yang bisa digunakan untuk kegiatan workshop.

Diharapkan bahwa nantinya masyarakat serta komunitas bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan bijak serta turut mentaati peraturan yang berlaku. DCS dapat digunakan untuk kegiatan yang positif produktif dan bermanfaat, namun kegiatan yang merugikan orang lain seperti nge-hack, menyebarkan hoax, dan sebagainya tidap diperbolehkan. DCS juga merupakan kegiatan pengembangan dalam mewujudkan Jogja Smart Province, dimana nantinya masyarakat Jogja bisa lebih smart dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam mengembangkan industri kreatif digital.

  • D C S
    Diskominfo
     
     
  • Kegiatan
    DCS
     
     
  • Fasilitas
    DCS
     
     
  • Cara
    Penggunaan
     
     
  • Lokasi
    Alamat
     
     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keunggulan Diskominfo Coworking Space

  • GRATIS

Semua fasilitas ini dapat dipakai secara gratis. Tetapi tetap memperhatikan aturan yang berlaku dan menjaga peralatan yang ada.

  • FASILITAS KOMPUTER DAN INTERNET

Bagi yang tidak memiliki komputer disini disediakan 7 komputer. Koneksi internet juga ada disini. Apalagi tersedia jug studio untuk membuat animasi atau film.

  • TEMPAT DISKUSI YANG NYAMAN

DCS menyediakan dispenser yang bisa dipakai untuk menghilangkan rasa haus saat bekerja. Ada juga Musholla dan toilet yang nyaman dan dapat digunakan dengan baik.

  • INKLUSIF

Diskominfo Coworking Space dibangun ramah untuk difabel. Terdapat jalan khusus difabel untuk masuk menuju ruangan. Selain itu ada juga komputer yang bisa digunakan difabel.

  • AKSESIBLE

Semua elemen masyarakat dapat menggunakan fasilitas ini baik komunitas atau warga. Cocok sekali buat mahasiswa yang ingin diskusi atau sekadar mengerjakan tugas kampus.

  • LOKASI STRATEGIS

Lokasi berada di pinggir jalan raya yaitu Jalan Birgjen Katamso sehingga mudah dijangkau oleh transportasi. Selain itu tempat parkirnya juga luas.