Rekomendasi Investasi TIK

Tata kelola teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu unsur penunjang untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel, transparan, efektif, dan efisien guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu perlu dilakukan penataan dalam tata kelola teknologi informasi dan komunikasi agar selaras dengan visi dan misi Pemerintah Daerah.

Sesuai dengan Pergub DIY Nomor 2 Tahun 2018 tentang Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi, OPD mengajukan permohonan rekomendasi pelaksanaan investasi TIK kepada Dinas Komunikasi dan Informatika.

OPD melaksanakan investasi TIK agar mempertimbangkan:

  1. capaian program;
  2. kebutuhan program;
  3. keluaran program;
  4. nilai investasi; dan
  5. kerangka acuan kerja.

Dalam melakukan pelaksanaan investasi TIK OPD melakukan:

  1. analisis kebutuhan;
  2. analisis biaya; dan
  3. analisis manfaat dari belanja TIK yang direncanakan.

Dinas Komunikasi dan Informatika menganalisis permohonan rekomendasi pelaksanaan investasi TIK dengan mengacu pada Renstra TIK. Berdasarkan hasil analisis tersebut, Dinas Komunikasi dan informatika dapat menerbitkan rekomendasi atau menolak permohonan. Dalam hal permohonan rekomendasi disetujui, OPD mencantumkan pelaksanaan investasi TIK yang berupa daftar kebutuhan investasi dalam rencana kerja anggaran. Dalam hal permohonan rekomendasi ditolak, OPD melakukan penyesuaian atas pelaksanaan investasi TIK dalam rencana kerja anggaran sesuai saran Dinas Komunikasi dan Informatika.
Format permohonan rekomendasi dan format rekomendasi dapat diunduh >>di sini<<

 

menu
menu