"Cerdas Menyikapi Hoax Dan Pemberitaan di Era Millennial"

(Yogyakarta,18/06/2019) Dalam Rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pemanfaatan teknologi informasi, Dinas Komunikasi dan Informatika DIY mengadakan Kegiatan Diseminasi Konten Positif dengan tema “Cerdas Menyikapi Hoax Dan Pemberitaan di Era Millennial” pada Selasa, 18 Juni 2019 di Kantor Kecamatan, Jetis Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan tokoh masyarakat, karang taruna Kecamatan Jetis.

Pembukaan diawali dengan sambutan Wiwik Lestaringrum, S.T (Kepala Seksi PKP Dinas Kominfo DIY). Dalam sambutannya menyampaiakan bahwa kegiatan Diseminasi Konten Positif bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pemanfaatan media sosial pada tiga  aspek. Aspek pertama memahami penggunaan internet secara positif untuk meningkatkan kapasitas pribadi dan masyarakat, kedua memahami tata cara dan aturan terkait dunia maya dan media sosial yang sehat dan bermanfaat sesuai UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), dan yang tetrakhir adalah bagaimana memahami cara bijak bermedia sosial dan cara tepat menyikapi maraknya informasi palsu (hoax).

Kegiatan ini dipandu oleh Drs. Junaidin (Kepala Seksi Layanan Informasi Publik Diskominfo DIY). Narasumber pertama disampaikan oleh Rahmat Sutopo, SE (Kebid Bidang Informasi dan Komuniasi Publik Diskominfo DIY) dengan topik “Bijak Bermedia Sosial dan Keamanan Informasi”. Beliau memaparkan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika DIY sangat toleran terhadap perkembangan media sosial, oleh karena itu banyak kegiatan literasi digital yang di selenggarakan oleh Dinas Kominfo DIY dalam rangka memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi masyarakat.

Selanjutnya pemaparan narasumber kedua AKBP Ylianto BW  Kasuddit V Siber Ditreskrimsus Polda DIY dengan topik “Mewujudkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Melalui Penggunaan Media Sosial yang Sehat”. Beliau mengingatkan masyarakat di harapkan meningkatkan kewaspadaan karena maraknya kasus penipuan online.

Pemaparan yang terakhir oleh Eko Suwanto, S.T, M.Si Ketua Komisi A DPRD DIY dengan topic “Regulasi Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk  Kesejahteraan Masyarakat DIY”. Bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan sarana yang sangat penting dalam penyelenggaraa pemerintahan daerah yang transparan, akuntabel, efektif, efisien, dan partisipatif guna memberikan pelayanan publik sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat, acara di lanjutkan seksi tanya jawab dan penutup.

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .