“MENCIPTAKAN PEMILU PARTISIPATIF YANG AMAN DAN DAMAI, TANPA HOAX SERTA UJARAN KEBENCIAN”

Yogyakarta (18/03/2019) Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pemanfaatan  media sosial yang aman dan sehat oleh berbagai kalangan masyarakat yang ada di Daaerah Istimewa Yogyakarta, Dinas Komunikasi dan Informatika DIY mengadakan kegiatan Desiminasi Konten Positif di Desa Depok Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo dengan tema : “MENCIPTAKAN PEMILU PARTISIPATIF YANG AMAN DAN DAMAI, TANPA HOAX SERTA UJARAN KEBENCIAN”, Senin 18 Maret 2019 di Balai Desa Depok kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan ini di hadiri oleh Rakhmat Sutopo, SE Kepala Bidang IKP Dinas Kominfo DIY, Sukarman, S.Pd., dari Komisi A DPRD DIY dan Muhammad Yainuri Ikhsan, S.Ag Komisiner KPU DIY, dengan peserta masyarakat Desa Depok Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo.

Dalam kesempatan itu Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) bahwa Pertumbuhan pengguna internet makin masif, chatting dan sosial media mendominasi layanan yang diakses masyarakat Indonesia, pesatnya teknologi tidak dibarengi dengan budaya kritis dari masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber yang kedua yaitu Bapak Sukarman, S.Pd., dari Komisi A DPRD DIY. Beliau menyampaikan materi dengan topik “Pemilu Damai Tanpa Hoax dan Ujaran Kebencian”, bahwa kita harus belajar TIK  untuk dimanfaatkan kegiatan yang positif, kareana apabila kita  tidak ikut belajar TIK maka kita Ketinggalan Informasi, hoax sangat berbahaya di tatanan kehidupan masyarakat sehingga harus kita tangkal bersama-sama.

Narasumber selanjutnya dari Bapak Muhammad Yainuri Ikhsan, S.Ag dari KPU DIY . menyampiakan materi tentang “Peran Masyarakat Dalam Menyukseskan Pemilu 2019”. Bahwa pemilihan umum bersifat Langsung Umum Bebas dan Rahasia (LUBER) namun dalam pelaksanaan di lapangan sering tidak di taati, untuk itu diperlukan  pemahaman kepada masyarakat tentang regulasi pemilihan umum.

KOMINFO

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .