Audiensi dan Diskusi Antara Jogja PGCSIRT dengan BSSN

“AUDIENSI DAN DISKUSI ANTARA JOGJA PGCSIRT DENGAN BSSN”

YOGYAKARTA (14/09/2018) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melakukan
kunjungan kerja ke Diskominfo DIY, Jumat (14/09). Bertempat di Ruang Rapat Diskominfo DIY, Jl. Brigjend Katamso, Yogyakarta, Kedua pihak mendiskusikan tentang kegiatan tanggap insiden yang dilakukan Jogja Provincial Government Computer Security Incident Response Team (Jogja PGCSIRT).


             “Keamanan informasi menjadi persoalan yang sangat kruisial, bahkan pada saat ini serangan siber dapat
mengancam keberlangsungan suatu negara. Sehingga perlu dibangun sinergitas antara daerah dengan pusat untuk mengantisipasi dan menanggulangi serangan siber tersebut,“ ungkap Ir. Inu Baskara, MMSI, Direktur Penanggulangan dan Pemulihan Ekonomi Digital, Direktorat Penanggulangan dan Pemulihan. Beliau menambahkan bahwa harapan ke depannya, Computer Security Incident Response Team (CSIRT) dapat juga dikembangkan di masing-masing daerah dan disosialisasikan secara intensif.

Kepala Diskominfo DIY Ir. Rony Primanto Hari, MT. menyampaikan harapan agar hasil audiensi dan diskusi bersama dapat mewujudkan koordinasi dan kolaborasi yang baik antara daerah dengan pusat terutama dalam meningkatkan keamanan informasi.


         Jogja PGCSIRT yaitu Tim Penanganan Insiden Keamanan Komputer di Pemerintah Daerah DIY yang bertanggung jawab menerima laporan dan permintaan terkait insiden, melakukan koordinasi untuk melaksanakan investigasi dan pemberian solusi, menyimpan laporan insiden serta memberikan pemberitahuan terkait insiden. Dalam melaksanakan kegiatannya, Jogja PGCSIRT bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk komunitas pemerhati keamanan informasi yang ada di Yogyakarta.


           “Terima kasih BSSN telah berkenan memilih Diskominfo DIY untuk melaksanakan kegiatan audiensi dan diskusi. Mudah-mudahan hal yang ingin dicapai oleh BSSN dapat benar-benar terlaksana dan terwujud,” sambutan dari Kepala Dinas Diskominfo DIY Bapak Ir. Rony Primanto Hari, MT
 

Kominfo

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .