Beberapa Tips menjadi Youtuber yang Eksis di Google

Yogyakarta – Kamis (16/9/2021)  Dinas Komunikasi dan Informatika DIY menyelenggarakan workshop yang berjudul “Tips menjadi Youtuber yang Eksis di Google”. Workshop ini diselenggarakan secara tatap muka yang bertempat di Selasar Srawung Galih, Diskominfo Coworking Space Jl. Brigjen Katamso, Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa di Yogyakarta yang diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam kreativitas digital. Pada kesempatan ini Dinas Komunikasi dan Informatika DIY menghadirkan Didik Arwinsyah, SEO sebagai narasumber.

Didik Arwinsyah, SEO merupakan seorang content creator sekaligus seorang konsultan SEO (Search Engine Optimization) yang berasal dari kota Yogyakarta. Selain itu, beliau juga memiliki bisnis seperti ummy pancake. Didik Arwinsyah telah bergabung pada platform YouTube sejak 27 Maret 2020. Meski baru berusia 1 tahun menjadi seorang content creator, Didik Arwinsyah, SEO mampu bersaing dan tetap eksis dengan jumlah kurang lebih 25.700 subscriber dan viewers yang mencapai 1,111,825.

Dalam kegiatan ini Didik Arwinsyah, SEO menjelaskan beberapa tips yang dapat dilakukan oleh content creator YouTube untuk tetap eksis di google. Terdapat 5 tips yang dapat dilakukan oleh content creator yaitu :

  1. Seorang content creator harus mengetahui algoritma YouTube.

Terdapat dua algoritma YouTube yaitu konten viral dan evergreen. Konten viral yaitu konten yang diunggah dan banyak dilihat oleh masyarakat pada hari yang sama. Sedangkan evergreen merupakan konten yang biasa dicari oleh seseorang menggunakan kata kunci.

  1. Channel YouTube

Dalam membuat channel YouTube hanya terdapat dua fokus yaitu entertain dan edukasi. Selain itu dalam membuat konten, skill yang sangat dibuutuhkan oleh seorang content creator adalah public speaking. Tampilan pada channel YouTube juga harus dibuat menarik.

  1. Persiapan membangun channel YouTube

Dalam membangun channel YouTube seorang content creator harus mempersiapkan foto profil serta nama channel yang dapat meningkatan perhatian penonton atau menggunakan nama pribadi untuk meningkatkan personal branding.

  1. Upload konten YouTube

Durasi video yang dapat diunggah pada platform YouTube terdapat 2 jenis yaitu YouTube Shorts yang berdurasi 1 menit dan YouTube biasa yang berdurasi minimal 5 menit. Selain itu judul pada konten yang diunggah harus menggunakan keyword yang biasa dicari oleh viewers.

  1. Syarat atau hal yang dilarang di platform YouTube
  • Duplikat konten
  • Menggunakan music copyright
  • Comment spam
  • Saling subscribe. Dalam hal ini sesama content creator tidak diperbolehkan untuk mengatakan “yuk saling subscribe” karena dianggap tidak memiliki etika yang baik.

Menurut pengalaman yang telah dilakukan oleh Didik Arwinsyah, SEO beberapa tips tersebut sangat membantu dirinya dalam meningkatkan engagement. Dengan begitu sebagai generasi muda, mahasiswa diharapkan dapat eksis dalam menciptakan konten yang kreatif, positif, dan kolaboratif yang dapat memajukan bangsa.

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .