Bimtek E-Lapor Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
Dinas Komunikasi dan Informatika DIY kembali mengadakan Bimbingan Teknis terkait pengelolaan Aplikasi E-Lapor DIY pada Selasa 17 Juli 2018. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan SKPD dalam menanggapi berbagai keluhan dari masyarakat, seperti yang dikemukakan oleh Bapak Bayu Februarino Putro "pola komunikasi untuk menjawab berbagai keluhan dari masyarakat perlu ditingkatkan agar masyarakat mendapatkan feedback dengan baik, dengan mendapatkan feedback dengan baik, masyarakat akan lebih senang karena berbagai keluhan yang disampaikan ditanggapi dengan maksimal".
Kegiatan Bimbingan Teknis ini diisi oleh akademisi dari STIE YKPN Yogyakarta, Dr. Wing Wahyu Winarno, MAFIS beliau menyampaikan materi tentang Model Komunikasi Aduan Layanan Publik, sebagaimana yang disampaikan Bapak Bayu, cara berkomunikasi dengan publik memang perlu ditingkatkan agar bisa memberikan tanggapan dengan baik.
Bapak Wing menyampaikan "Tugas Pemerintah untuk memberikan layanan kepada warga masyarakat, kita bisa memanfaatkan komunikasi dengan masyarakat secara langsung untuk ikut bersama-sama membangun daerah". Bapak Wing juga menyampaikan "Jangan benci dengan masalah, karena orang yang kreatif adalah orang yang bisa menciptakan masalah dan mengatasinya".
Pada kesempatan ini Bapak Wing menjelaskan berbagai teknik untuk berkomunikasi antara lain:
1. 4x4=16, sempat tidak sempat harap dibalas
2. Nada Komunikasi Datar dalam kondisi apapun.
3. Ringkas,
4. Bernada Memberi Solusi.
5. Apabila menjanjikan balasan, Tunaikanlah.
Hindari :
1. Muncul Masalah yang baru
2. Pasif - Tidak Menjawab
3. Mengadu Domba
4. Melempar Masalah
KOMINFO DIY
- Diskominfo DIY Resmikan Co Working Space Ramah Difabel
- Koordinasi Perizinan Radio
- Dinas Kominfo DIY Selenggarakan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra)
- "Workshop Pemberdayaan Komunitas melalui Media Online"
- Rapat Koordinasi LAPOR “ Evidence Based Policy Making dalam konteks Kebijakan Pemerintah Daerah " ”