Forum Komunikasi Sandi Daerah “Waspada Pencurian Data di Era Digital”

Kulonprogo – Rabu (27/07/2022) Dinas Komunikasi dan Informatika kembali menghadiri pertemuan rutin Forum Komunikasi Sandi Daerah yang kali ini diselenggarakan di Balkondes Sentolo, Kulonprogo. Dalam pembukaannya, Kepala Diskominfo Kab. Kulonprogo, Bapak Agung Kurniawan, SIP., M.Si menyampaikan bahwa Forkomsanda sangat bermanfaat sebagai wadah silaturahmi bagi insan persandian dan menjadi forum untuk meningkatkan wawasan, kompetensi serta berbagi informasi dan strategi keamanan siber khususnya di wilayah DIY.

Dr. Sayuri Egaravanda, S.Kom., M.Eng selaku narasumber dari Dinas Komunikasi dan dan Informatika DIY, mengingatkan pentingnya menjaga data dan informasi terutama yang bersifat pribadi di era digital ini. Semakin banyak aplikasi yang meminta agar calon pengguna melakukan pendaftaran dengan mengunggah data pribadinya ke internet, hal ini harus disikapi dengan hati-hati. Banyak kejahatan siber yang dilakukan dengan memanfaatkan data-data pribadi seperti ini.

Bu Sari kemudian menjelaskan pencurian data dapat disebabkan karena kurangnya security awareness dari user terutama yang kurang paham TIK, lemahnya penerapan password policy, security vulnerabilities yang tereksposi dan belum di-patch, misconfiguration serta kurangnya security monitoring dan deteksi dini terhadap serangan siber. Selanjutnya dijelaskan metode-metode yang biasa digunakan untuk pencurian data termasuk diantaranya email phising dan social engineering serta cara-cara menanggulanginya. Salah satu cara mendasar adalah dengan meningkatkan meningkatkan kesadaran pengguna akan keamanan informasi, karena sebagaimana diketahui faktor manusia dapat menjadi rantai terlemah dalam upaya menjaga keamanan informasi apabila tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu setiap individu perlu menyadari dan turut berperan dalam menjaga keamanan informasi.

Selanjutnya Budhi Purwanto, SH., MH., selaku narasumber dari Kejati DIY, menyampaikan materi terkait Eksistensi Kejaksaan RI Dalam Penanganan Akses Secara Tidak Sah dan Penyelesaian Sengketa ITE. Dalam hal sengketa ITE, pencegahan lebih baik daripada penindakan. Fungsi pencegahan inilah yang diharapkan dapat dilakukan oleh rekan-rekan sandiman di daerah selaku pelaksana tugas pengamanan informasi di daerah.

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .