JSP, Konsep Peningkatan Kualitas Manusia Jogja

Yogyakarta (07/06/2018)  Pemerintah Daerah (Pemda) DIY tengah menyusun master plan untuk Jogja Smart Province (JSP). Program JSP ini dimaknai sebagai konsep menunjang upaya peningkatan kualitas manusia Jogja (DIY).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Ir. Rony Primanto Hari,  MT yang ditemui usai pemaparan JSP kepada Gubernur DIY di Gedhong Wilis, Kepatihan, Yogyakarta, mengatakan JSP diharapkan menjadi program untuk mengintegrasikan informasi-informasi dan aplikasi yang ada di seluruh DIY.

“Dengan begitu masyarakat akan lebih mudah mengakses informasi dan memanfaatkannya, atau lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan dari pemerintah,” ujar Rony, Kamis (07/06).

Diungkapkan Rony, JSP akan dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan potensi-potensi yang dimiliki Jogja. Menurutnya, Jogja memiliki banyak perguruan tinggi dan punya banyak orang pintar, serta institusi yang memang bergerak dalam pengembangan IT.

“Dalam pemaparan tadi, Ngarsa Dalem berpesan, apa yang dikembangkan nanti harus bisa dimanfaatkan dan membangun komitmen di antara stakeholder yang ada.  Sehingga pengintegrasian kegiatan-kegiatan pengembangan IT bisa dilakukan dan masyarakat dapat merasakan manfaat yang optimal,” paparnya.

Gubernur menurut Rony implementasi JSP tidak bisa dilakukan hanya oleh Pemda DIY, melainkan harus melibatkan kabupaten/kota. Karenanya, komunikasi dengan kabupaten/kota akan dilakukan terlebih dahulu.

Konsep JSP menggunakan pendekatan kreatif dan inovatif dari Pemerintah DIY dan setiap kelompok pemangku kepentingan. Konsep ini dilakukan untuk penyelesaian isu strategis dan/atau pengembangan sektor unggulan DIY melalui optimalisasi pendayagunaan teknologi, integrasi data, dan kolaborasi antarwilayah. Tujuannya untuk mengakselerasi terwujudnya kehidupan masyarakat DIY yang lebih sejahtera, sehat, nyaman, dan aman.

Program JSP dilakukan untuk mendukung visi Gubernur DIY 2017-2022, yakni menyongsong abad Samudra Hindia untuk kemuliaan martabat manusia Jogja. Misi konsep ini ialah meningkatkan kualitas hidup kehidupan dan penghidupan masyarakat yang berkeadilan dan berkeadaban, serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang demokratis. (Rt)

HUMAS DIY

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .