KemenPANRB selenggarakan Piloting Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Tahun 2022 di DIY

Yogyakarta - Rabu (10/08/2022) KemenPANRB bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika DIY menyelenggarakan Piloting Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2022 Se-Daerah Istimewa Yogyakarta yang berlokasi di Gedung Wisanggeni (Unit VIII) Lt. 3, Kompleks Kepatihan. Acara ini akan diselenggarakan dalam 2 hari berturut-turut dan diikuti 50 peserta yang berasal dari Pemda DIY dan Pemkab/Pemkot se-DIY. Ni Made Dwipanti Indrayanti, S.T., M.T., Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian PANRB karena telah menjadikan DIY sebagai salah satu lokus penerapan Piloting SPBE Tahun 2022 dan kepada peserta untuk dapat mengikuti kegiatan dengan berpartisipasi dan berkontribusi secara aktif sehingga kegiatan ini dapat diimplementasikan dalam penerapan SPBE di DIY.

Kegiatan piloting penerapan SPBE hari pertama diawali dengan reviu terkait arsitektur SPBE di Pemda DIY. Hadir sebagai narasumber pertama, Hamzah Fansuri, S.Kom., M.Sc., Analis Kebijakan Muda pada Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE. Beliau menjelaskan mengenai penerapan arsitektur SPBE dalam kerangka tata kelola penyelenggaraan pemerintahan digital dan mengajarkan tentang sistem informasi arsitektur SPBE kepada para peserta. 

 

Kemudian dilanjutkan dengan narasumber kedua, Ryna TA Montang, S.T., MURP, Tenaga Ahli dari PT. Integrasi Tri Tama Cendekia. Ryna menjelaskan tentang arsitektur proses bisnis kepada para peserta diselingi dengan diskusi. Sesi terakhir di hari pertama yaitu pemaparan dari narasumber ketiga, Iksan Ramadhan, S.Kom., M.Kom., staf IT pada Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE. Beliau menutup acara dengan sesi praktik langsung dengan mengajarkan tentang cara memasang dan melakukan instalasi Aplikasi SIA-SPBE kepada para peserta. Iksan juga membantu para peserta untuk mengoperasikan Aplikasi SIA-SPBE dengan baik agar kedepannya dengan hadirnya sistem ini dapat membantu dalam mengelola administrasi di ruang lingkup pemerintahan.

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .