KOMPETISI KELOMPOK BUDAYA PEMERINTAHAN

Yogyakarta (29/11/2018). Budaya pemerintahan sebagai budaya kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, sudah berlaku sejak ditetapkan dengan Peraturan Gubernur DIY Nomor 72tahun 2008 tentang Budaya Pemerintahan di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan ditindaklanjuti dengan Peraturan Gubernur DIY Nomor 53 tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Budaya Pemerintahan. Upaya untuk mengimplementasikan nilai-nilai Budaya tersebut di lingkup ASN Pemda DIY sudah memalui proses yang panjang diantaranya deklarasi nilai-nilai Satriya, sosialisasi dan internalisasi, pembentukan kelompok budaya pemerintahan di setiap OPD/UPT/Dinas/UPTLD dan penunjukan agen perubahan. Namun demikian upaya tersebut relatif belum cukup untuk percepatan hasil dan peningkatan motivasi pegawai dalam membangun Budaya Pemerintahan.

Oleh karena itu dilakukan upaya terobosan/inovasi yang mampu menjadi pengungkit atau pendorong semangat bagi Kelompok Budaya Pemerintahan yang lebih optimal. Salah satu kegiatan tersebut adalah kompetisi anatr Kelompok Budaya Pemerintahan. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk mendorong dan memberi semangat ASN Pemda DIY dalam meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan implementasi nilai-nilai SATRIYA dalam pelaksanaan tugas dan fungsi dalam bingkai pembinaan OPD. Selain itu juga sebagai upaya untuk mempercepat pencapaian hasil dan meningkatkan motivasi pegawai dalam membangun, mengimplementasikan dan mengembangkan nilai-nilai Budaya Pemerintahan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak awal bulan Agustus 2018 dan berakhir dengan puncaknya penyerahan hadiah kejuaraan oleh Bapak Ir. Gatot Saptadi selaku Sekretaris Daerah DIY dilaksanakan pada hari Kamis 29 November 2018 bertepatan dengan HUT ke 47 KORPRI. Adapun hasil dari kejuaraan ini menghasilkan 10 peringkat terbaik kategori OPD dan 10 terbaik kategori UPT. Untuk kategori OPD adalah: 1. Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat DIY, 2. Dinas Kesehatan DIY, 3. Badan Kepegawaian Daerah DIY, 4. Rumah Sakit Jiwa Grhasia DIY, 5. Inspektorat DIY, 6. Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, 7. Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY, 8. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DIY, 9.Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, 10. Dinas Kebudayaan DIY. Sedangkan kategori UPT: 1. Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha, 2. Balai Laboratorium Kesehatan, 3. Balai Pelatihan Kesehatan, 4. Balai Pelayanan Bisnis dan Pengelolaan  Kekayaan Intelektual, 5. Balai Layanan Perpustakaan, 6. Balai Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial, 7. Balai Latihan Pendidikan Teknik, 8. Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas, 9. Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai, 10. Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian.

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .