Koordinasi Pengelola TIK Pemda DIY

Yogyakarta (21/06/2019), Dinas Komunikasi dan Informatika DIY menyelenggarakan Koordinasi Pengelola TIK Pemda DIY pada hari Jum'at tanggal 21 Juni 2019 bertempat di Aula Diskominfo DIY. Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Aptika, Drs. Bayu Februarino Putro yang mewakili Kepala Diskominfo DIY yang sedang melaksanakan tugas dinas. Bertindak sebagai narasumber adalah Kepala Bidang Keamanan Informasi dan Persandian, Beni Kusambodo SH, dengan moderator Agnes Dwi Astuti K, ST., Kepala Seksi Aplikasi Layanan Internal Pemerintah.

Tema pertemuan pada kesempatan ini adalah Keamanan informasi di lingkungan Pemda DIY. Beni Kusambodo menjelaskan bahwa keamana informasi di Pemda DIY sudah dimulai sejak terbentuknya bidang Manajemen Informasi, yang kemudian diganti dengan Bidang Keamanan Informasi dan Persandian pada 1 Januari 2019. Urusan keamanan informasi berkoordinasi secara vertikal dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), yaitu lembaga yang bertugas melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan, dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber.
Dalam pembukaannya, Beni Kusambodo memperkenalkan beberapa layanan yang disediakan Diskominfo DIY terkait pengamanan informasi, yaitu email Sanapati, Jammer frekuensi dan frekuensi privat radio komunikasi.

Selanjutnya narasumber juga mengingatkan agar seluruh ASN dan pengguna sistem informasi di lingkungan Pemda DIY agar lebih sadar dan peduli tentang keamanan informasi dan kerahasiaan data, atau security awareness. Misalnya membatasi penggunaan flashdisk dalam pertukaran data atau file karena sangat rentan dalam penyebaran virus. Selain itu pengelola sistem dan email diharapkan menggunakan password yang tidak mudah ditebak atau strong password, serta mengubah password secara berkala agar tidak mudah dibobol.

Kabid Keamanan informasi mempersilahkan kepada tim pengelola TIK Pemda DIY untuk berkoordinasi dan mengenal lebih lanjut Bidang Keamanan Informasi dan Persandian yang berlokasi di kompleks kepatihan. Kegiatan koordinasi diteruskan dengan tanya jawab dan diskusi.

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .