Mahasiswa FISIP UMY Pelajari Jogja Smart Province

Yogyakarta (3/12/2018) – Sebanyak 150 mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan  Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dipimpin Isnaini Muallidin SIP MPA selaku dosen pembimbing berkunjung ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY, Senin (3/12).  Rombongan diterima oleh Kepala Bidang Pengembangan Layanan Teknologi Informasi (PLTI) Sugeng Wahyudi SPd MEng di Ruang Rapat Unit VIII Lantai III Komplek Kepatihan, Yogyakarta.

Beberapa hal yang ingin dipelajari oleh para mahasiswa adalah konsep Jogja Smart Province (JSP) dan praktek penyelenggaraan pemerintahan, khususnya tata kelola informasi pemerintah.

''Kami ingin mendapatkan tambahan wawasan pengetahuan secara rinci tentang tata pengelolaan informasi pemerintahan di DIY mengingat DIY merupakan daerah dengan predikat terbaik nasional dalam hal Tata Kelola Informasi Pemerintahan di Indonesia,'' ungkap Isnaini.

Tambahan informasi yang diperoleh dari kunjungan diharapkan dapat menjadi bekal pengetahuan bagi para mahasiswa. Selain ke Diskominfo DIY, mahasiswa lainnya menurut Isnaini juga ada yang melakukan kunjungan serupa ke Pemda Bogor.  Kunjungan bertajuk kuliah lapangan dan kuliah umum ini merupakan salah satu kuliah wajib untuk mahasiswa.

Atas nama Kepala Diskominfo DIY, Sugeng menyambut baik kunjungan mahasiswa FISIP UMY.  ''Harapannya nanti tambahan ilmu yang didapat dari sini berguna dan dapat menambah wawasan. Mahasiswa adalah pengganti generasi sebelumnya. Di tangan generasi penerus inilah semoga tata kelola informasi pemerintahan dan birokrasi di masa mendatang akan lebih baik lagi,'' kata Sugeng.

Staf Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo DIY Dr Sayuri Egaravanda SKom MEng kemudian menjelaskan konsep JSP yang digagas Pemda DIY.  JSP menurut Sayuri dimaksudkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi DIY secara kreatif dan inovatif oleh setiap pemangku kepentingan dan atau pengembangan sektor unggulan di DIY melalui optimalisasi pendayagunaan teknologi, integrasi data dan kolaborasi wilayah.  Secara ideal JSP dikonsepkan untuk mengakselerasi terwujudnya kehidupan masyarakat Jogja yang lebih sehat, nyaman dan aman.

''JSP adalah langkah untuk mewujudkan visi dan misi Gubernur DIY Sri Sultan HB X yaitu Menyongsong Abad Samudera Hindia untuk Kemuliaan Martabat Manusia Jogja dengan falsafah Hamemayu Hayuning Bawono,'' katanya. 

Setelah kuliah umum dan pemaparan, dilakukan tanya jawab dan diskusi yang berlangsung hangat. (krn)

HUMAS DIY

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .