Monev Implementasi UU KIP oleh KID DIY

YOGYAKARTA, (12/09/2018) Berdasarkan amanah Pasal 7 UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Pasal 37 dan 38 Perki No. 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik serta Pasal 4 Huruf d Pergub DIY No. 29 Tahun 2016, Komisi Informasi Daerah DIY (KID DIY) mengadakan “Monitoring dan Evaluasi Implementasi UU No. 14 Tahun 2008 Pada Badan Publik Negara di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta”, yang hasil akhirnya adalah pemeringkatan badan publik di DIY.

Dinas Kominfo DIY sebagai badan publik tingkat provinsi termasuk yang menjadi objek monev yang dilakukan KID DIY. Tim visitasi dari KID DIY yang mengunjungi Diskominfo DIY terdiri dari 2 assessor yaitu Bapak Hazwan iskandar Jaya SP dan Bapak Taman, SIP. Asessor melakukan konfirmasi terhadap isian Self Assessment Quetionnare (SAQ) yang berapa saat sebelumnya sudah diisi. Dalam pelaksanaan visitasi, assesor menanyakan beberapa hal terkait pelayanan informasi publik kepada Sekretaris Diskominfo DIY Ibu Meni Karyawati yang bertindak selaku PPID Pembantu. Selain itu dilakukan uji akses informasi dengan meminta beberapa dokumen dan informasi publik, antara lain Daftar Informasi Publik, SK penunjukan PPID/PLID, Dokumen LAKIP 2017, Dokumen daftar aset dan Laporan layanan informasi dan dokumentasi 2017. Acara kemudian dilanjutkan dengan meninjau ruangan desk layanan informasi publik Diskominfo DIY.

Di akhir kegiatan tersebut, KID DIY menyampaikan beberapa rekomendasi agar penyelenggaraan keterbukaan informasi di Diskominfo DIY menjadi lebih baik. Dalam visitasi tersebut, ketua KID DIY yang sekaligus anggota Tim Visitasi menyampaikan bahwa, monitoring dan Evaluasi (Monev) Pemeringkatan Badan Publik diharapkan mampu menjadi motivasi yang positif bagi Badan Publik untuk terus berbenah diri dalam melayani informasi publik kepada masyarakat.

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .