Pelatihan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat)

Dalam era reformasi dan situasi informasi global sekarang ini,keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) masih diperlukan . Kondisi sebagian masyarakat yang belum memiliki kemampuan memadai untuk menelaah muatan informasi dengan baik karena faktor sosial (edukatif), ekonomis maupun kultural. Keterbatasan masyarakat dalam mengakses dan memanfaatkan informasi terutama di wilayah blank spot area, menjadikan kesenjangan yang semakin lebar.

Kelompok Informasi Masyarakat  (KIM) diharapkan menjadi sarana komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat langsung. Pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran atas informasi sebagai suatu sumber pengetahuan dan juga sekaligus meningkatkan kemampuan mengakses informasi dengan mengunakan dan memanfaatkan teknologi komunikasi. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan pengetahuan melalui pelatihan, bimbingan teknis, dan sosialisasi berbagai materi pokok kepada masyarakat langsung.

Berdasarkan kondisi di atas, maka Pemerintah Daerah DIY dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsinya adalah melaksanakan pengelolaan, disiminasi, layanan informasi publik serta pemberdayaan masyarakat bidang informasi dan komunikasi publik, pada bula juni 2017 menyelenggarakan pelatihan kepada (KIM) di wilayah DIY dalam rangka Pengembangan  dan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat di DIY .

Pelatihan diadakan diadakan di Gedung Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, dengan menghadirkan narasumber yang memiliki kompetensi pengembangan komunikasi sosial.

 

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .