PENGAMBILAN DATA TIM RISET DEWAN PERS KE KPID DIY

Ketua KPID Daerah Istimewa Yogyakarta, Drs. I Made Arjana Gumbara menjawab pertanyaan yang diajukan Puji Rianto, S.I.P.,M.A. (Peneliti Riset Dewan Pers) seputar kebebasan pers guna mengetahui indeks kemerdekaan pers di tahun 2018, Rabu (25/7) bertempat di kantor KPID DIY.

YOGYAKARTA (25/7/2018) - Ketua KPID DIY, Drs. I Made Arjana Gumbara menyambut baik kedatangan Puji Rianto, S.I.P.,M.A. di ruang rapat KPID DIY, Rabu (25/7). Tujuan kedatangan Puji untuk melakukan pengumpulan data kuesioner penelitian yang tengah dilakukan oleh Dewan Pers.

Dewan Pers bekerjasama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi FPSB Universitas Islam Indonesia Yogyakarta mengadakan sebuah riset dokumen untuk mengetahui Indeks Kemerdekaan Pers di Indonesia tahun 2018. Tim Peneliti terdiri dari Muzayin Nazaruddin, S.Sos.,M.A., Puji Rianto S.I.P.,M.A., dan Ali Minanto, S.Sos.,M.A.

Selain mengumpulkan data, juga melakukan wawancara dengan Ketua KPID DIY sesuai dengan latar belakang riset yang dilaksanakan, yaitu "Lingkungan fisik dan politik merujuk pada ketersediaan perlindungan politik terhadap kebebasan pers," kata Puji. Dalam penelitian ini, Dewan Pers ingin melihat sejauh mana jurnalis dapat melaksanakan perannya dalam menyediakan informasi yang akurat dan objektif bagi warga negara tanpa ada intimidasi, sensor, dan intervensi pihak manapun.

Sample responden diambil melalui kuesioner tersebar di seluruh wilayah Indonesia, khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta, ada 12 responden terdiri dari LSM, Akademisi, Instansi terkait, dan Jurnalis . KPID DIY menjadi salah satu responden pilihan Tim Peneliti. (cha)

Berita Terkait :


KOMENTAR PEMBACA
procesing . . .